Saturday, July 31

Behel, Belah Tengah, dan BlackBerry: Antara Kebutuhan dan Tren.


 ========================================================================


Behel, Belah Tengah, dan BlackBerry: Antara Kebutuhan dan Tren. 





Gaya cewek-cewek jaman sekarang emang lagi sering banget jadi omongan. Dari mulai di situs-situs jejaring sosial sampe forum-forum sering banget ngebahas tentang fenemonea ini. Emang kayak apa sih sebenernya gaya mereka?.

Dalam bahasannya di forum, mereka menyebut cewek-cewek zaman sekarang dengan istilah BBB. Tapi jangan salah mikir dulu, BBB disini bukan nama dari grup vokalnya Raffi Achmad cs. BBB yang ini kependekan dari belah tengah, behel dan BlackBerry. Ya, menurut obrolan di forum ketiga hal itu seolah menjadi syarat wajib bagi para cewek untuk meningkatkan penampilannya.        

“Belah tengah hip lagi, gan! Liat deh anak-anak gaul Jakarte rambutnya belah tengah semua,” begitulah tulis seorang dengan Id Ibupejabat di salah satu forum terbesar di Indonesia. Kalau kita liat ke belakang emang sih ada perubahan pandangan tentang gaya penampilan. Kalau dulu gaya rambut panjang dan belah tengah  itu terkesan old sch ool sekarang malah nge-hip.

Begitu juga dengan memakai kawat behel di gigi. Tau dong dengan tokoh Betty yang terkenal lewat film serial Ugly Betty? Nah cewek yang berbehel itu identik dengan imej nerd dan pendiam. Tapi sekarang memakai behel malah jadi trend yang bisa mendongkrak penampilan.

Satu lagi yang nggak pernah lepas, BlackBerry (BB). Handphone satu ini emang lagi booming banget di seluruh dunia. Bukan hanya karena bentuknya yang asik tetapi juga fitur yang ditawarkan sangat menarik. Kita bisa chatting dan browsing dengan mudahnya. Tapi untuk ngedapetin barang ini perlu merogoh kocek yang banyak, juga untuk biaya komunikasi  tiap bulannya.

Nggak cuma datang dari forum, para cowok-cowok juga sepakat dengan fenomena ini “Yang pertama ada dipikiran gua kalau denger cewek gaul adalah BlackBerry, berambut belah tengah, dan pake behel,” ujar Reza dari SMA 16.

Kompak semua orang yang ngebahas tentang fenomena ini menyebut para cewek-cewek BBB itu adalah Ababil alias ABG labil. Disebut labil karena ya mereka dianggap nggak punya jati diri. “Cewek-cewek zaman sekarang tuh terlalu ngikutin arus,” masih dari Reza.

“Kalau di sekolah gua sih hampir setengah dari cewek-ceweknya bergaya kayak gitu, dan biasanya cewek-cewek yang gaul gitu,” ujar Budi dari SMA 112.

            Selain labil, cewek BBB juga kerap dikaitkan dengan hal-hal negatif.  Nggak cuma dari masalah penampilan yang terlalu ngikutin arus tapi juga masalah kelakuan yang ngebuat para cowok mikir dua kali untuk ngedeketin.





Sekedar Gaya-gayaan?

Emang udah menjadi hal yang dimaklumi kalau kaum hawa itu selalu ingin terlihat menarik dan up to date alias nggak mau ketinggalan zaman di pergaulannya. Tapi apa yang terjadi kalau ternyata gaya BBB itu tidak sesuai dengan karakter dirinya.

“Nah itu dia, menurut gua sih sah-sah aja cewek bergaya seperti itu, asal cocok dan pantes. Tapi yang gua liat sekarang sih banyak yang rada maksa,” Hafidz dari SMA Al Azhar  mengatakan.

Gaya cewek-cewek jaman sekarang emang lagi sering banget jadi omongan. Dari mulai di situs-situs jejaring sosial sampe forum-forum sering banget ngebahas tentang fenemonea ini. Emang kayak apa sih sebenernya gaya mereka?.

Dalam bahasannya di forum, mereka menyebut cewek-cewek zaman sekarang dengan istilah BBB. Tapi jangan salah mikir dulu, BBB disini bukan nama dari grup vokalnya Raffi Achmad cs. BBB yang ini kependekan dari belah tengah, behel dan BlackBerry. Ya, menurut obrolan di forum ketiga hal itu seolah menjadi syarat wajib bagi para cewek untuk meningkatkan penampilannya.

“Belah tengah hip lagi, gan! Liat deh anak-anak gaul Jakarte rambutnya belah tengah semua,” begitulah tulis seorang dengan Id Ibupejabat di salah satu forum terbesar di Indonesia. Kalau kita liat ke belakang emang sih ada perubahan pandangan tentang gaya penampilan. Kalau dulu gaya rambut panjang dan belah tengah  itu terkesan old sch ool sekarang malah nge-hip.

Begitu juga dengan memakai kawat behel di gigi. Tau dong dengan tokoh Betty yang terkenal lewat film serial Ugly Betty? Nah cewek yang berbehel itu identik dengan imej nerd dan pendiam. Tapi sekarang memakai behel malah jadi trend yang bisa mendongkrak penampilan.

Satu lagi yang nggak pernah lepas, BlackBerry (BB). Handphone satu ini emang lagi booming banget di seluruh dunia. Bukan hanya karena bentuknya yang asik tetapi juga fitur yang ditawarkan sangat menarik. Kita bisa chatting dan browsing dengan mudahnya. Tapi untuk ngedapetin barang ini perlu merogoh kocek yang banyak, juga untuk biaya komunikasi  tiap bulannya.

Nggak cuma datang dari forum, para cowok-cowok juga sepakat dengan fenomena ini “Yang pertama ada dipikiran gua kalau denger cewek gaul adalah BlackBerry, berambut belah tengah, dan pake behel,” ujar Reza dari SMA 16.

Kompak semua orang yang ngebahas tentang fenomena ini menyebut para cewek-cewek BBB itu adalah Ababil alias ABG labil. Disebut labil karena ya mereka dianggap nggak punya jati diri. “Cewek-cewek zaman sekarang tuh terlalu ngikutin arus,” masih dari Reza.

            “Kalau di sekolah gua sih hampir setengah dari cewek-ceweknya bergaya kayak gitu, dan biasanya cewek-cewek yang gaul gitu,” ujar Budi dari SMA 112.

            Selain labil, cewek BBB juga kerap dikaitkan dengan hal-hal negatif.  Nggak cuma dari masalah penampilan yang terlalu ngikutin arus tapi juga masalah kelakuan yang ngebuat para cowok mikir dua kali untuk ngedeketin.

Ternyata pendapat Hafidz dibenarkan lho sama salah seorang cewek BBB “emang bener sih, aku juga ada tuh temen yang rambutnya dipaksain biar bisa belah tengah, duh pliss deh, nggak gitu caranya,” ungkap Atiya dari SMA 46.

Obrolan di forum-forum pun sering mengatakan kalau cewek-cewek itu sebenernya cuma gaya-gayaan aja. “Pake behel bukan lagi kebutuhan buat ngebenerin gigi yang menyon-menyon, Tapi malah jadi tanda kalo mereka cute, dan nerdy gitu,” tulis salah seorang anggota forum dunia maya.



Faktanya gimana sih?

Menurut penuturan salah satu cewek BBB bernama Shella dari SMA 70, nggak semua cewek yang make behel itu sekedar untuk mendongkrak penampilan semata, kadang emang ada yang benar-benar pengen ngerapihin gigi.

“Aku juga setuju kalau banyak cewek yang sebenernya nggak butuh pake behel, tapi untuk lucu-lucuan aja dia jadi make,” ungkap Ninda dari SMA 70. 

Kalau untuk masalah penggunaan BlackBerry para cewek juga punya alasan tersendiri jack! “Kalau BB tuh nggak cuma cewek-cewek aja kali yang pake, cowok-cowok juga banyak tuh. Lagian kalau BB tuh emang fungsinya yang kita ambil, kalau BB sebagai trend ya emang karena semua orang butuh,” beber Ninda lagi.



Highclass = High maintenance

Wajar aja kalau sebagian cowok nganggep cewek BBB itu adalah cewek yang highclass alias butuh banyak modal untuk bisa ngedeketin. Kalau diitung-itung untuk bisa tampil seperti itu ngabisin banyak uang, jack! “Kesan pertama gua ngeliat cewek BBB pasti cewek itu hedon, secara untuk punya BlackBerry dan pasang behel kan butuh banyak uang,” ungkap Reza serius.

Servis yang mewah patut diberikan kepada cewek seperti ini. Sementara banyak cowok  nyari cewek yang bisa diajak susah. “Ah cewek kayak gitu sih mending dijauhin aja, pasti pada matre semua,” ujar Reza.

            Dari investigasi kecil-kecilan Hai, ternyata cewek-cewek BBB emang paling doyan ke tempat-tempat hangout yang highclass juga, kayak mall besar, café, dan lounge. Tapi tenang kalau masalah nyari cowok pendamping mereka nggak nuntut banyak hal kok.  “Kalau aku sih nyari cowok yang penting baik nggak mesti dari kalangan tertentu,” beber Diandra dari SMA Labschool. 

            “Tapi kalau ngajak jalan harus naik mobil. Soalnya aku takut dan nggak dibolehin naik motor” tambahnya.

Yah itu berarti butuh modal dong untuk deketin kamu. Hehe.

Atiya dari SMA 46 yang sehari-harinya naik mobil mengaku dia nggak mau disebut sebagai cewek highclass “Aku sih makan di warteg juga nggak masalah,” ujar Atiya. 

So, ternyata nggak selamanya cewek BBB itu identik dengan hal yang negatif, intinya mah jangan ngeliat cewek dari penampilannya doang, bos! Coba kenali mereka lebih dalam, dan kalau ibarat lagu sih  “Sentuh dia tepat di hatinya.” hehe


*****
*Ini adalah salah satu tulisan kebangaan gua sewaktu PKL di majalah Hai. Kenapa spesial? karena tulisan ini adalah artikel terpanjang pertama gua yang dimuat. Ini versi yang belum dieditnya. hehe. Terima kasih untuk mas Yorgi dan kawan-kawan HAI lainnya untuk kesempatannya.. :D  Semoga bisa dinikmati.

No comments:

Post a Comment